Kunjungan Industri dan Studi Banding (KISB) Mahasiswa JPTSP tahun 2020

Kunjungan Industri dan Studi Banding (KISB) merupakan salah satu program kerja Himpunan Mahasiswa Teknik Sipil dan Perencanaan (HMTSP) FT UNY yang berada dibawah naungan Departemen Kominfo. Program kerja ini bertujuan untuk menambah wawasan mahasiswa Jurusan Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan FT UNY mengenai pekerjaan konstruksi di lapangan. Pada program kerja ini, para mahasiswa di fasilitasi untuk mengunjungi proyek-proyek on-going yang berada di beberapa daerah dan melakukan studi banding dengan kampus yang berada di wilayah tersebut. Dengan mengangkat tema “Implementasi Teknik Sipil dalam Proyek Konstruksi”, KISB tahun ini digelar secara daring dan menggunakan platform Zoom. Hal ini dikarenakan situasi pandemi yang tidak memungkinkan untuk mengunjungi proyek secara langsung seperti yang sebelum-sebelumnya.

Program kerja ini didasari oleh kesadaran bahwa ilmu ketekniksipilan tidak cukup hanya jika diperoleh dari belajar di kelas saja. Akan tetapi, diperlukan juga pembelajaran di lapangan agar lebih menguasi dan memahami mengenai keadaan dan kondisi di sebuah proyek konstruksi kelak. Acara yang dibuka secara resmi oleh Bapak Dr. Ir. Slamet Widodo selaku Ketua Jurusan Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan FT UNY megundang dua pembicara, yaitu Bapak Drs. Gunawan Wibisono, M.T. selaku engineer dari PT Duta Sarana Perkasa dan Bapak Ir. Listiyanto Kadarono dari PT. Cakra Manggilingan Jaya. Kedua pembicara tersebut didampingi Ibu Novia Suryadwanti, M.Sc.Eng selaku dosen di Jurusan Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan FT UNY sebagai moderator.

Bapak Drs. Gunawan Wibisono M.T. sebagai Pembicara I, memaparkan video yang menjelaskan profil perusahaan beserta dengan produk-produk yang disediakan berupa beberapa jenis beton precast. Setelah itu, beliau memaparkan materi berupa power point. Materi tersebut menjelaskan jenis-jenis serta karakteristik beton precast yang diproduksi oleh PT Duta Sarana Perkasa. Beliau juga turut menjelaskan pengertian umum mengenai beton precast disertai kelebihan dan kekurangannya. Sesi untuk Pembicara I ditutup dengan sesi tanya jawab dan disambut oleh beberapa pertanyaan dari peserta, panitia hingga moderator.

Pada sesi Pembicara II, Bapak Ir. Listiyanto Kadarono terlebih dahulu mengenalkan profil perusahaan tempat beliau bekerja, yaitu PT. Cakra Manggilingan Jaya. Disebutkan pula proyek-proyek yang telah beliau laksanakan, beberapa diantaranya, yaitu : Gedung Perpustakaan UI serta beberapa proyek gedung di UGM dan UNY. Beliau juga memaparkan beberapa tahapan kegiatan proses konstruksi. Tahapan tersebut meliputi perencangan design, pengadaan atau pelelangan, dilanjutkan dengan pelaksanaan konstruksi, proses serah terima hingga proses akhir, yaitu pemeliharaan. Beliau memaparkan pula pengalaman selama menjalakan proyek dengan orang asing. Sesi ini ditutup dengan beberapa pertanyaan dari peserta, panitia, moderator bahkan pembicara juga melayangkan pertanyaan.

Dengan diadakannya KISB secara daring ini, diharapkan tidak menghilangkan kesempatan mahasiswa untuk mengetahui kondisi di suatu proyek konstruksi. Mahasiswa juga diharapakan terus menambah wawasannya dengan menggunakan kemudahan teknologi yang sudah sangat mudah diakses. Hal ini dikarenakan seiring perkembangan teknologi, semakin besar pula tantangan yang dihadapi.